Proses Project Manajemen

Semangat pagi, setelah kemaren perkenalan singkat tentang project manajemen. Pada siang ini, pembahasannya tentang proses dalam sebuah project manajemen.

Banyak praktisi project manajemen menyatakan lebih dari satu cara untuk mengatur sebuah project. secara spesifik project menentukan sebuah tujuan yang harus dicapai berdasarkan kompleksitas, resiko, ukuran, jangka waktu, pengalaman tim project, akses terhadap sejumlah besar sumber daya informasi, kematangan organisasi, area industri dan penerapannya. Proses group yang dibutuhkan dan juga panduan bagi konstituen mereka untuk melaksanakan kemampuan project manajemen yang tepat selama sebuah project dilaksanakan.

Project manager dan tim project bertanggung jawab untuk menentukan proses apa dari “Proses Kelompok” yang akan dikerjakan, oleh siapa dan tingkat ketelitian yang akan dilaksanakan untuk menjalankan proses tersebut, agar tujuan-tujuan project dapat tercapai sesuai target.

Plan-Do-Check-Act & 5 Langkah Proses Project Management
Konsep yang medasari interaksi antara proses project manajemen adalah Plan-Do-Check-Act (PDCA). Perencanaan proses group berada pada “Plan” dalam “Plan-Do-Check-Act”, sedangkan proses eksekusi atau pelaksanaan berada pada “Do”, serta untuk pengawasan dan pengendalian terdapat di “Check-Act”. Tentu, konsep PDCA adalah konsep basic atau sederhana.

1. Inisasi Project

Sebuah idea mengenai project akan secara hati-hati dinilai untuk menentukan apakah project tersebut menguntungkan atau tidak. Dan apakah juga project tersebut realistis untuk dilaksanakan.

2. Definisi Project dan Perencanaan
Rencana, ruang lingkup project mulai dituliskan dan disusun untuk dikerjakan. Selama fase ini, tim akan memprioritaskan project, menghitung anggaran dan jadwal, dan menentukan sumber daya apa saja yang dibutuhkan.

3. Eksekusi Project
Tanggung jawab mulai didistribusikan dan setiap tim memiliki tanggung jawab.

4. Pelaksanaan Project dan Pengendalian
Seorang project manager akan mulai memperhatikan rencana project dan kondisi aktual yang terjadi dilapangan.

5. Penutupan Project
Setelah tugas dari sebuah project selesai dan klien telah menerima hasilnya, sebuah evaluasi dibutuhkan untuk melihat kelebihan dan kekurang dari pelakanaan project yang sudah dijalankan.

Oleh MKM.
Source : http://www.projectinsight.net/project-management-basics/basic-project-management-phases,
A Guide to the Project Management Body of Knowledge, Third Edition