Project Manajemen : Manajemen Resiko

Selamat sore, seperti biasa setiap hari senin akan kami sajikan tulisan.Bulan ini berkaitan dengan Project Management yang hari ini kami akan sajikan Manajemen Resiko.

Terdapat banyak alasan mengapa sebuah project dengan mudah gagal, Tetapi pernahkah Anda mempertanyakan 30% yang berhasil melaksanakan project? Salah satu alasan mengapa mereka berhasil adalah kemampuan mereka mengantisipasi resiko. Jika Anda tidak dapat mengatur resiko dengan baik, maka Anda akan dapat masalah. Jadi, mulailah Anda menyusun resiko project. Ada beberapa langkah yang dapat anda ikuti.

1. Identifikasi
Lakukan tugas Anda dengan mengidentifikasi resiko yang mungkin terjadi. Hal ini, lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, karena mengidentifikasi resiko bukanlah sesuatu yang mudah. Apa yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan seluruh tim project dan mulai menganalisis resiko yang kemungkinan terjadi.

2. Buat prioritas
Dengan beberapa resiko yang telah terkumpul, mungkin Anda tidak dapat dengan mudah menentukan prioritas yang harus diselesaikan. Cobalah menggunakan formula ini. Pertama, buatlah 2 kolom dengan nama Impact dan Probability. Buatlah skala 1-5, buatlah peringkat dari resiko yang kemungkinan terjadi dengan skala yang sama dan akan resiko yang terjadi.

3. Pencegahan
Hal yang dapat Anda lakukan setelah mencatat kemungkinan resiko. Buatlah kolom dengan nama “Rencana Pencegahan.” Untuk setiap resiko, jelaskan bagaimana Anda akan mengatasinya.

4. Mengawasi
Hal selanjutnya yang anda lakukan adalah tetap mengawasi resiko project Anda. Awasilah project management anda dan tetaplak waspada.

Jangan pernah menganggap remeh kelebihan dari resiko. Project manager yang sukses adalah mereka yang mampu mengatasi segala resiko dengan baik.

Disadur oleh MKM
Source: http://pmtips.net/Blog/how-to-manage-project-risks-to-increase-project-success