Project Management : Manajemen Pegawai Inti

Banyak pihak yang memanggap bahwa manajemen sumber daya adalah aspek terberat dari implementasi sebuah project manajemen. Hal ini dapat dianggap benar ketika banyak para project manager bersaing untuk mendapatkan sumber daya, potensial, yang sama. Terdapat cara yang sederhana untuk mengatur pegawai inti pada lintas project organisasi.

 

1. Mengidentifikasi sumber daya inti pada organisasi anda.
2. Apa itu sumber daya inti? Yang dimaksud mungkin kumpulan 5% atau kurang dari total sumber daya yang anda miliki. Sumber daya inti adalah mereka yang memiliki kelebihan        pada kemampuan, pengetahuan atau kombinasi keduanya yang sangat diperlukan organisasi.
3. Membuat sebuah project pada alat penjadwalan manajemen project yang hanya berisi tugas-tugas yang diberikan pada sumber daya.
4. Bagi kembali project kedalam bagian-bagian lebih kecil untuk setiap pegawai inti dan di setiap bagian, tambah kembali tugas-tugas untuk setiap pegawai inti.
5. Tingkat pegawai inti hanya dibebankan tugas sejauh kemampuannya.
6. Memiliki tim leader yang mampu mengontrol sumber daya inti di sekitarnya.

Tips:
a. Setiap rencana yang telah dibuat, dibahas kembali seluruh tugas yang dibebankan kepada pegawai inti secara kritis untuk mengamati jika salah satu dari mereka dapat menyelesaikan tugas dengan menggunakan lebih sedikit menggunakan pegawai inti.
b. Di dalam organisasi yang lebih kecil, teknik seperti ini tidak begitu efektif, karena setiap orang adalah pegawai inti.

Peringatan:
a. Hindari memiliki banyak pegawai inti. Terlalu banyak yang terlibat dalam sebuah rencana, semakin sulit sebuah rencana untuk dijalankan.
b. Hindari juga membuat rencana yang terlampau jauh kedepan. Gunakan perencanaan yang bermanfaat bagi setiap pegawai.

Oleh: MKM
Source :http://www.wikihow.com/Manage-Key-Project-Management-Resources