Mindset & Kesuksesan Karir Anda

Selamat siang bagi Anda semua. Walaupun hari ini Jakarta mendung, Anda harus tetap semangat dalam bekerja dengan tidak lupa tetap menjaga kesehatan. Siang ini, akan kami sajikan tulisan tentang pentingnya mindset yang ‘sehat’ bagi kesuksesan baik bagi karir, organisasi, teman atau keluarga Anda yang membutuhkan masukan tentang karirnya.

 

Pertama. Apa itu Mindset?

Kata mindset berasal dari dua kata, Mind dan Set. Kata “mind” berarti “sumber pikiran dan memori; pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide, persepsi serta menyimpan pengetahuan dan memory”. Kata “Set” berarti “mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan, keadaan utuh/solid”. Atau pengertiannya dapat disederhanakan menjadi sikap mental tertentu atau watak yang mentukan respons dan pemaknaan seseorang terhadap situasi. (didalam artikel ini selanjutnya mindset akan disamakan dengan pola pikir)

Dalam perkembangannya, setidaknya mindset dibagi menjadi dua. Pertama, growth mindset. Kedua, fixed mindset. Akan kami bahas di bawah ini tentang ciri-ciri dan perbedaan dari keduanya.

Growth Mindset or Fixed Mindset

  1. Growth Mindset

Growth mindset adalah pola pikir terbuka yang selalu siap menerima tantangan baru dan hal baru, terkadang tantangan tersebut hadir ‘secara dadakan’. Mereka yang memiliki pola pikir growth mindset tidak terjebak oleh keberhasilan masa lalu, tetapi terus kembali menciptakan keberhasilan-keberhasilan selanjutnya, meskipun harus menjalani beberapa kali kegagalan. Kegagalan yang dialami akan mereka sikapi dengan ungkapan ‘belum berhasil’ dan mereka meyakini dikemudian hari akan berhasil sehingga tidak menghentikan perjuangan yang dilakukan.

  1. Fixed Mindset

Fixed Mindset adalah pola pikir yang berbeda (berkebalikan) dengan Growth Mindset. Mereka telah merasa puas dengan apa yang mereka dapatkan, telah puas dengan pencapaian-pencapaian yang telah didapatkan. Sehingga terkadang anti terhadap kritik. Pola pikir Fixed Mindset juga tidak senang dengan tantangan-tantangan baru. Jika menghadapi masalah dan gagal menyelesaikannya. Ungkapan yang keluar dari mereka adalah masalah yang dihadapi bukan keahliannya. Mereka cenderung untuk melarikan diri dari masalah yang terjadi.

Anda Pilih Mana?

Tentu deskripsi tentang mindset di atas sedikit banyak mengarahkan untuk memilih growth mindset. Tetapi, yang ingin kami sampaikan adalah. Mulailah mencoba untuk memeriksa diri Anda secara jujur berada di posisi manakah Anda saat ini? Apakah di growth mindset atau di fixed mindset.

Jika Anda berada di growth mindset maka tetaplah belajar dan rendah hati. Sebaliknya, jika penilaian Anda menunjukkan Anda berada di fixed mindset, tidak ada kata terlambat untuk merubah. Karena kesuksesan tidak mengenal kata terlambat. Selamat menikmati perjalanan karir Anda !

 

Diolah oleh MKM.

Referensi:

  1. http://carriekepple.com/2015/04/24/growth-mindset-vs-fixed-mindset-which-do-you-have/
  2. http://www.kompasiana.com/jesseray/apa-itu-mindset_5520113a813311611e9dfc29