Merawat Karir Anda dengan Bijak Menggunakan Media Sosial

Beraktivitas di media sosial (medsos) saat ini adalah hal yang lumrah. Banyak keseharian yang kemudian kita ceritakan di medsos, termasuk mungkin tentang pekerjaan. Kompas.com  (Kompas.com – 15/10/2017, 07:00 WIB) menyajikan artikel yang menarik tentang pemanfaatan medsos berkaitan dengan karir Anda. Diketahui, jika kita tidak bijak dalam menggunakan medsos maka ia dapat menghancurkan karir penggunanya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, baiknya Anda berhenti memposting hal-hal berikut ini ke medsos.

  1. Tata Bahasa Tidak Baik

Perhatikanlah bahasa yang Anda gunakan untuk membuat status atau caption baik untuk foto dan atau video. Jika kata yang digunakan kurang baik, tidak beraturan dan bahkan tidak pantas maka berhentilah memposting.

  1. Suka Komentar Frontal

Berhentilah berkomentar secara frontal terhadap hal yang Anda tidak sukai. Misalnya, kekalahan tim yang Anda dukung ataupun kebijakan yang tidak sesuai dengan pilihan Anda.

  1. Pamer Tawaran Kerja Baru

Mendapatkan tawaran pekerjaan baru yang lebih dari pekerjaan saat ini, tentu akan membuat Anda senang. Namun baiknya hal tersebut tidak perlu disebarkan di medsos.

  1. Mencak-mencak Kebijakan Perusahaan

Jika ada kebijakan atau peraturan perusahaan yang dirasa menurut Anda tidak adil atau kurang pas. Bicarakanlah baik-baik dan tidak perlu menyebarluaskannya di medsos apalagi dengan menggunakan bahasa yang ‘galak’.

  1. Memberitahu Rahasia Perusahaan

Untuk poin ini jelas, Anda tidak boleh menyebarluaskan rahasia perusahaan. Menyebarkan dalam lingkup kecil saja membuat Anda bermasalah apalagi sampai di medsos yang jangkauanya sangat luas.

  1. Menjelek-jelekkan Atasan

Jangan menjelek-jelekkan atasan Anda di medsos. Anda dapat saja berargumen bahwa Anda  tidak berteman dengan atasan Anda di medsos. Namun dengan fitur “screen shot” berita tersebut dapat mudah sampai kepada atasan Anda.

  1. Posting Minuman Beralkohol

Jika Anda seorang atasan, dosen dan atau guru. Maka hindari memposting  minuman beralkohol dan atau produk lainnya yang dapat memberikan penilaian  jelek terhadap Anda.

Seperti halnya dua sisi mata uang, ada hal positif dan juga negatif yang dapat  dimanfaatkan dari hadirnya medsos. Poin-poin di atas adalah hal negatif yang harus Anda hindari untuk mempostingnya di medsos.

Source: http://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/15/070000426/stop-posting-hal-berikut-ini-di-medsos-agar-karier-anda-aman