Mengembangkan Kemampuan Dasar Negosiasi : Part II

 
Selamat siang semuanya !!
 

Melanjutkan tulisan hari yang lalu tentang kemampuan negosiasi Part I yang sampai pada poin ke-5, hari ini kami sajikan tulisan kemampuan negosiasi Part II poin ke-6 sampai poin ke-11. Selamat menikmati.

6. Meredakan ketegangan, cobalah untuk tidak memperparah ketegangan yang terjadi antara para pihak yang sedang bernegosiasi. Karena, Anda dapat membuat posisi yang tidak menguntungkan bagi pihak-pihak yang sedang bernegosiasi.

7. Menyadari kekuatan dan kelemahan yang ada dan posisi maksimal yang dapat Anda capai. Gunakanlah kesadaran tersebut secara konstruktif. Agar tercapai kesepakatan yang win-win situation.

8. Hindari skenario negosiasi dengan mengorbankan satu pihak (win-lose scenario). Karena, rencana scenario tersebut dapat menyebabkan konflik pada proses negosiasi.

9. Gunakan ‘ancaman’ secara halus, agresi dan terkadang taktik antagonis secara hati-hati. Tetaplah untuk sensitif terhadap pihak lain dalam negosiasi. Jangan sampai Anda terlalu meremehkan mereka atau membuat mereka merasa tidak berharga.

10. Ketika bernegosiasi jangan takut untuk menggunakan sedikit rasa humor Anda untuk mencairkan suasana.

11. Tingkatkan kemampuan penyelesaian masalah Anda. Hal ini termasuk bagaimana Anda menginvestigasi sebuah permasalahan secara efektif. Mampu untuk menjelaskan tujan dan mengidentifikasi halangan-halangan untuk mencapai tujuan tersebut. Mampu untuk menjelaskan kriteria untuk mencapai solusi yang layak.

 

Demikian 11 Tips bagi kesuksesan Anda dalam bernegosiasi.

 

Link Part I :

http://www.prosperomanagement.com/mengembangkan-kemampuan-dasar-negosiasi-part-i/
Disadur oleh : MKM
Source: http://www.wikihow.com/Develop-the-Skills-Essential-for-Good-Negotiation