Memastikan Negosiasi Anda Berjalan Dengan Sukses

Selamat siang, menambah nikmat siang anda. Kami sajikan artikel tentang tips persiapan negosiasi yang baik dan benar. Sajian ini (baca: jika membaca tulisan ini) tidak akan membatalkan puasa anda. Jadi, selamat menikmati.

Bernegosiasi hadir dalam banyak situasi kehidupan. Bukan hanya di dalam bisnis; seringkali anda bernegosiasi dengan teman, keluarga dan tentu dengan anda sendiri. Jika anda memiliki kemampuan dalam bernegosiasi, anda dapat membangun kepercayaan dan hubungan yang baik. Ada beberapa tips penting negosiasi yang baiknya anda pahami.

1. Seberapa pentingnya negosiasi tersebut?
Mengapa anda ingin melakukan sebuah negosiasi dan apa pentingnya untuk anda? Beberapa negotiator menghendaki mencari akar dari sebuah masalah. Anda tidak harus mengetahui semua hal, yang perlu anda lakukan adalah mengetahui apa yang setiap orang inginkan dan mengapa.

2. Percaya diri, keingintahuan, sopan dan tenang
Bernegosiasi memprovokasi emosi dan emosilah yang menyebabkan seseorang berlaku subjektif. Anda harus tetap tenang pada saat bernegosiasi dan jangan lupa untuk menggunakan nada yang positif. Tetaplah merasa ingin tahu, karena hal tersebut dapat membuat anda nyaman, tetap fokus pada isu-isu penting dan jagalah emosi anda agar tetap stabil.

3. Win-win solution
Pada beberapa negosiasi, keberhasilan satu pihak merupakan kegagalan pihak lainnya. Contohnya, ketika anda ingin membeli sebuah mobil, anda menginginkan harga termurah sedangkan penjual sebaliknya, termahal.

4. Kegagalan berekspektasi
Tentukan kesuksesan negosiasi anda sebelum anda memulainya. Apa yang sebenarnya anda inginkan? Kebanyakan, banyak pihak yang tidak terlalu percaya diri dalam memulai negosiasi sehingga merancang tujuan negosiasi yang terlalu kecil. Jadi, pastikan tujuan negosiasi anda dengan benar dan jitu sebelum memulai negosiasi.

5. Tentukan alternatif
Setelah anda menentukan tujuan negosiasi anda, cobalah untuk menciptakan sebuah pilihan alternatif. Penting bagi anda untuk menyiapkan alternatif, karena sejatinya negosiasi tidak selalu berjalan sesuai rencana. Hal ini dapat diilustrasikan melalui contoh di bawah ini: ketika anda ingin membeli sebuah mobil yang performanya keren. Anda mendapatkan 2 (dua) pilihan mobil. Satu mobil A yang sangat keren akan tetapi harganya mahal, yang kedua mobil B performa di bawah A tetapi harganya pun lebih murah. Setelah anda mempertimbangkan banyak hal, akhirnya anda memilih mobil B yang lebih murah.

6. Petakan strategi anda
Buatlah susunan dari tujuan utama negosiasi dan alternatif terbaik yang telah anda tentukan. Jika pihak lain menawarkan sesuatu yang berada di bawah alternative terbaik anda. Jangan anda ambil !

7. Petakan strategi mereka
Apa yang orang lain inginkan? Apa alternatif terbaik mereka? Biarkan mereka tahu bahwa anda mengetahui apa yang mereka inginkan dan alternatif yang menjadi tujuan anda, pahamilah mengapa mereka menginginkan sesuatu, dan anda pikir itu adalah sebuah kepentingan yang sah.

8. Mencapai kesepakatan
Bandingkan tujuan mereka dengan anda. Apakah keduanya dapat saling menguntungkan? Ketika jawabannya ia. Maka, kesepakatan akan anda dapatkan.

 
Disadur oleh MKM:
Title : How to Make a Successful Negotiation
Source: http://www.wikihow.com/Make-a-Successful-Negotiation