Leaders Idola Generasi Milenial

Tentu Anda tidak asing lagi dengan generasi millenial, mereka yang dilahirkan pada periode 1980 sampai pertengahan 1990-an. Generasi yang memiliki karakteristik melek teknologi dan aktif memainkan media sosial, optimis serta multitasking. Di tempat Anda bekerja sangat mungkin generasi millenial telah mengisi beberapa posisi. Treatment Anda untuk generasi ini berbeda dengan apa yang Anda lakukan terhadap generasi X atau baby boomers. Berikut kami sadurkan beberapa tips agar Anda dapat ‘menaklukkan’ generasi millenial:

  1. Mengetahui tujuan generasi millenial
    Pertama, berkomunikasi dengan ‘kaum’ millenial, terlebih dahulu Anda harus mengetahui tujuan mereka bekerja. Karena mereka memiliki motivasi yang berbeda-beda (walaupun satu generasi). Jadi, pastikan Anda mampu menjalin komunikasi yang baik untuk mengetahui motivasi mereka dan peran apa yang diidealkan mereka di organisasi tempat kalian bekerja.
  2. Izinkan mereka berpendapat
    Kedua, biarkan mereka (generasi milenial) berpendapat dan mengutarakan opininya. Dengan diberikannya ruang untuk berpartisipasi, generasi milenial akan sangat merasa dihargai oleh organisasi atau perusahaannya. Hal ini, tidak berarti Anda harus menerima pendapat mereka. Namun, mendengarkan dan menghargai apa yang mereka sampaikan adalah hal penting bagi suasana kerja di dalam tim Anda.
  3. Jadilan mentor
    Generasi millenial mencari hubungan yang bersifat personal termasuk dalam dunia kerja. Jangan heran jika mereka meminta Anda memberikan perhatian lebih kepada mereka, tentu hal ini dalam konteks profesional. Menjadi mentor bagi mereka di tempat kerja adalah salah satu pilihan yang tepat yang dapat Anda praktekkan untuk membantu mereka menjadi lebih bernilai bagi perusahaan.
  4. Bicara dengan nada positif dan sportif
    Berbicaralah dengan nada positif, jangan lupa untuk memberikan feedback yang bersifat konstruktif bagi pengembangan karir mereka.

Beberapa poin di atas akan dapat membantu Anda ketika menghadapi pegawai dari generasi millenial. Generasi millenial telah menjadi mayoritas di tempat kerja, ketidaktepatan treatment kepada mereka akan membuat suasan kerja tim menjadi tidak nyaman dan tidak produktif.

Selamat beraktivitas kembali !!

Artikel ini disadur secara langsung dari:
http://www.wikihow.com/Work-With-Millennials
http://id.wikihow.com/Bekerja-dengan-Generasi-Milenium