Kiat Menyusun Rencana Investasi I

Selamat siang rekan-rekan semua. Minggu ini kami sadurkan artikel tentang tips bagi Anda yang akan melakukan investasi, baik di sektor riil, portofolio atau berbisnis sendiri. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik-baik sebagai berikut:

  1. Menilai Posisi Anda Sekarang

a. Menyesuaikan dengan Usia Anda
Ketika Anda memilih instrument investasi jangan lupa untuk ‘menengok’ usia Anda. Karena, jika masih muda Anda dapat memilih instrument investasi yang bersifat agresif. Sebaliknya, jika akan memasuki masa pensiun sebaiknya Anda memilih instrument investasi yang lebih aman dengan risiko yang tidak terlalu besar.

b. Menilai Kekuatan Finansial Anda

Anda harus memastikan seberapa banyak dana yang dimiliki yang dapat diinvestasikan. Anda harus memperhatikan dana yang tersedia, janga sampai melupakan untuk mempersiapkan dana cadangan atau dana darurat sebesar 3 sampai dengan 6 kali pengeluaran bulanan Anda.

c. Membangun Profil Risiko
Profil risiko Anda menentukan seberapa besar risiko yang dapat Anda tanggung. Meskipun usia Anda muda, mungkin Anda tidak berniat melaksanakan bisnis yang terlalu banyak risikonya.

2. Menentukan Tujuan Investasi

a. Memastikan Tujuan Investasi Anda
Tentukan tujuan investasi Anda dari awal, apa yang ingin Anda lakukan dengan dana investasi tersebut? Apakah Anda ingin pensiun dini? Membeli rumah bagus? Membeli mobil keren? Berwisata? atau untuk hal lainnya yang dapat Anda tentukan.

b. Menentukan Batas Waktu Tujuan Investasi
Seberapa lama Anda ingin mencapai tujuan-tujuan finansial Anda? Karena, hal tersebut akan mempengaruhi tipe investasi yang akan dipilih. Jika Anda menginginkan keuntungan yang cepat dalam jangka waktu yang pendek, maka Anda akan memilih investasi yang berisiko tinggi, ingat prinsip high risk, high return.

c. Menentukan Tingkat Likuiditas Investasi Anda
Yang dimaksud aset likuid adalah aset yang mudah dicairkan menjadi uang cash. Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Bermain saham sangat likuid ketika Anda membutuhkannya. Sebaliknya, jika Anda berinvestasi di properti aset tersebut sangat tidak likuid dan dapat memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan hitungan bulan untuk mencairkannya. Jadi, pastikan dahulu seberapa likuid investasi yang akan Anda butuhkan.

Demikian kiat menyusun rencana investasi Part I.

Disadur dari:
Source: http://www.wikihow.com/Create-an-Investment-Plan