Day #1: Hari Pertama menjadi Supervisor atau Manajer Baru

Saat Anda mendapatkan Surat Keputusan (SK) sebagai supervisor atau manajer, pasti ada perasaan bahagia dan bangga yang menyeruak di hati Anda. Nikmatilah momen tersebut. Tapi jangan berlama-lama seperti kata Jonathan Cristhie peraih medali emas bulu tangkis tunggal putra pada Asian Games 2018, dia mengatakan “Saya juara ketika naik podium, begitu turun podium maka saya harus memulainya lagi dari awal dengan tantangan yang lebih berat karena harus mempertahankan titel juara saya”. Demikian juga dengan Anda, sesaat setelah menerima SK maka Anda harus membuktikan diri bahwa Anda memang layak di posisi tersebut.
Apa yang dilakukan oleh para pimpinan (supervisor atau manajer)? Secara umum, saat Anda menduduki posisi manajerial di sebuah unit kerja dalam suatu organisasi, peran yang diharapkan dari Anda adalah sebagai berikut:

1.Plan (Merencanakan Pekerjaan)

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi target-target dari unit kerja Anda, kemudian menentukan cara atau metoda kerja dan membagi pekerjaan sesuai dengan proses kerjanya.

2. Organize (Mengorganisir Sumber Daya)

Langkah kedua adalah mengidentifikasi sumber daya yang tersedia, baik itu sumber daya manusia (SDM), keuangan, teknologi, peralatan kerja dan sumber daya lainnya. Dengan melakukan pemetaan sumber daya yang tersedia, akan memudahkan Anda dalam memilih metoda kerja dan mengalokasikan pekerjaan dan sumber daya secara efektif dan efisien.

3.Lead (Memimpin Eksekusi Pekerjaan)

Langkah ketiga setelah Anda mengalokasikan sumber daya yang dimiliki adalah memimpin Tim Anda agar bisa bekerja secara efektif sesuai dengan tugas yang telah diberikan. Dalam hal ini Anda dituntut untuk berkomunikasi dengan baik, mulai dari menjelaskan target pekerjaan, cara mencapainya, memotivasi bawahan sekaligus memberikan contoh dan teladan kepada mereka tentang bagaimana bekerja dengan baik.

4.Control (Mengendalikan Tim secara Efektif)

Pengendalian (control) adalah upaya untuk memastikan arah kerja tim Anda sesuai dengan tujuan yang ingin diraih. Monitoring meliputi biaya, waktu dan kualitas dari pekerjaan yang dilakukan guna memastikan agar output yang dihasilkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Perhatikan baik-baik keempat aspek tugas pimpinan di atas, mana yang sudah Anda kuasai dengan baik dan mana yang perlu dilatih dan ditingkatkan. Jujurlah pada diri Anda sendiri dan pikirkan baik-baik, apa yang perlu Anda perbaiki dari aspek-aspek yang belum Anda kuasai dengan baik. Bagaimana Anda bisa melatihnya dengan baik? dan Kapan Anda akan memastikan agar 4 (empat) aspek manajemen di atas bisa Anda kuasai?

Tantangan yang (mungkin) akan Anda hadapi:

Berikut adalah beberapa tantangan yang akan dihadapi seiring dengan posisi Anda sebagai supervisor atau manajer baru:

  1. Mengelola diri Anda sendiri;
  2. Mengelola anak buah Anda;
  3. Mengelola pekerjaan Anda;
  4. Melakukan koordinasi dengan sesama supervisor atau manajer;
  5. Melakukan negosiasi dengan pimpinan, rekan kerja dan bawahan Anda;
  6. Memotivasi dan mendorong kerjasam Tim Anda;
  7. Memastikan tugas Anda selesai sesuai dengan target yang telah ditetapkan pimpinan;

Kita akan bahas satu persatu di artikel-artikel selanjutnya.