Berbagi Tips Kepemimpinan

Selamat siang, artikel siang ini berkaitan dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman Anda tentang kepemimpinan kepada yang lain (baik Staff, teman dan lain sebagainya). Selamat menikmati.
 

Kepemimpinan adalah kemampuan yang dibutuhkan. Kita tahu, pengembangan kemampuan tersebut membutuhkan waktu beberapa lama agar dapat menjadi pemimpin hebat. Ketika Anda telah menguasai kemampuan ini, Anda dapat membagi pengetahuan dan pengalaman Anda kepada Staff untuk menunjukkan cara memimpin dan mempengaruhi kelompoknya, agar termotivasi dalam menyelesaikan tugas mereka. Ada beberapa setting kepemimpinan:

I. Dalam Dunia Kerja
1. Menjadi diri sendiri.
Ketika di tempat kerja atau di sekolah, tekanan atau kegelisahan dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, sehingga membuat orang tidak ingin berbagi ide-ide dan pendapat mereka. Sebagai seorang pemimin, kemampuan berbagi pendapat dan ide adalah hal penting. Jika Anda membiarkan orang lain yang mempengaruhi Anda, maka Anda bukanlah seorang pemimpin.

2. Kerja sama tim
Kepemimpinan adalah kemampuan Anda dalam memimpin kelompok. Anda harus mampu menangani permasalahan-permasalahan ketika bekerja sama dengan yang lain. Bagikan kepada orang lain tentang bagaimana Anda dapat menjadi orang yang mereka butuhkan.

3. Peduli dengan sekitar
Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mengetahui sebanyak mungkin tentang lingkungan kerja Anda dan apa yang terjadi di dalamnya, bahkan informasi yang paling rahasia pun. Pastikan bahwa Anda tidak memaksakan diri untuk mengetahui sehingga ‘mengancam’ seluruh anggota kelompok.

II. Dalam Bermasyarakat
1. Mengendalikan diri
Berbagilah tentang tips penguasaan diri sebelum teman-teman Anda menguasai situasi. Karena panik adalah tanda kelemahan, menunjukkan bahwa Anda tidak dapat mengatasi tekanan.

2. Fokus pada penyelesaian masalah
Jika Anda berusaha menjadi pemimpin yang baik, Anda tidak dapat meninggalkan masalah yang ada. Anda harus memimpin kelompok Anda untuk menyelesaikan masalah mereka baik melalui role play maupun teladan nyata.

3. Memperkaya pengalaman
Bagikan kepada Staff Anda. Jika, seseorang menolak menolak membicarakan sesuatu dengan sebuah alasan, tentu hal tersebut diperbolehkan. Hal ini akan menguji dan mengharuskan Anda untuk lebih banyak berkomunikasi dan melakukan kompromi. Hal ini pun salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.
Disunting oleh MKM
Source: http://www.wikihow.com/Teach-Leadership